Our Services

Our Services

BAPPEDA dalam tugasnya untuk merencanakan pembangunan daerah khususnya Kota Makassar, memiliki beberapa bidang yang mempunyai tugas dan fungsi yang diharapkan membantu pemerintahan di dalam perencanaan pembangunan.

  1. Sekretariat, terdiri atas :
    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian;
    2. Subbagian Keuangan;
    3. Subbagian Perlengkapan.
  2. Bidang Ekonomi, terdiri atas :
    1. Subbidang Industri, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah;
    2. Subbidang Kelautan dan Ketahanan Pangan;
  3. Bidang Sosial Budaya, terdiri atas :
    1. Subbidang Pendidikan dan Kesehatan;
    2. Subbidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat.
  4. Bidang Fisik dan Prasarana, terdiri atas :
    1. Subbidang Pekerjaan Umum, Perumahan dan Lingkungan;
    2. Subbidang Perhubungan dan Telekomunikasi.
  5. Bidang Statisitik dan Pelaporan, terdiri atas :
    1. Subbidang Statistik Perencanaan;
    2. Subbidang Evaluasi dan Pelaporan.
  6. Bidang Penelitian dan Pengembngan, terdiri atas :
    1. Subbidang Penelitian;
    2. Subbidang Pengembangan Kebijakan Daerah;
  7. Kelompok Jabatan Fungsional

Adapun Fungsi masing pejabat struktural adalah sebagai berikut :

Sekretaris, mempunyai tugas melaksanakan pelayanan administratif bagi seluruh satuan kerja di lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk menyelenggarakan tugas, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. Pengelolaan ketatausahaan;
  2. Pelaksanaan urusan kepegawaian;
  3. Pelaksanaan urusan keuangan;
  4. Pelaksanaan urusan perlengkapan;
  5. Pelaksanaan urusan umum dan rumah tangga;
  6. Pengkoordinasian perumusan program kerja.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai Tugas menyusun rencana kerja melaksanakan tugas teknis ketatausahaan, mengelola administrasi kepegawaian serta melaksanakan urusan rumah tangga badan. Dalam melaksanaka tugasnya, Sub bagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi :

  1. melaksanakan menyusun rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  2. mengatur pelaksanaan kegiatan sebagian urusan ketatausahaan meliputi surat-menyurat, kearsipan, surat perjalanan dinas, mendistribusikan surat sesuai bidang ;
  3. melaksanakan urusan kerumahtanggaan dinas ;
  4. melaksanakan usulkenaikan pangkat, mutasi dan pensiun ;
  5. melaksanaka usul gaji berkala, usul tugas pelajar;
  6. menghimpun dan mensosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian dalam lingkup dinas;
  7. menyiapkan bahan penyusunan standarisasi meliputi bidang kepegawaian, pelayanan, organisasi dan ketatalaksanaan;
  8. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya;

Subbagian Keuangan, mempunyai tugas menyusun rencana kerja, melaksanakan tugas teknis keuangan. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbagian Keuangan menyelenggarakan fungsi :

  1. menyusun rencana dan program kerja Subbagian Keuangan;
  2. mengumpulkan dan menyusun Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah;
  3. mengumpulkan dan menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Perencanaan Anggaran (DPA) dari masing-masing satuan kerja sebagai bahan konsultasi perencanaan ke Bappeda;
  4. menyusun realisasi perhitungan anggaran dan administrasi perbendaharaan dinas;
  5. menyusun neraca keuangan unit kerja;
  6. mengumpulkan dan menyiapkan bahan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi dari masing-masing satuan kerja;

Subbagian Perlengkapan, mempunyai tugas menyusun rencana kerja, melaksanakan tugas teknis perlengkapan, membuat laporan serta mengevaluasi semua pengadaan barang. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbagian Perlengkapan menyelenggarakan fungsi :

  1. menyusun rencana dan program kerja Subbagian Perlengkapan;
  2. menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU);
  3. meminta usulan rencana Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dari semua Bidang dalam Lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
  4. membuat Daftar Kebutuhan Barang (RKB);
  5. membuat Rencana Tahunan Barang Unit (RTBU);
  6. menyusun kebutuhan biaya pemeliharaan untuk tahun anggaran dan bahan penyusunan APBD;
  7. menerima dan meneliti semua pengadaan pada lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
  8. melakukan penyimpanan dokumen dan surat berharga lainnya tentang barang inventaris daerah;

Bidang Ekonomi, mempunyai tugas menyusun rencana, mengkoordinasikan penyusunan perencanaan di bidang Ekonomi.    Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Ekonomi menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan rencana dan program kerja bidang ekonomi;
  2. perumusan bahan/data dan informasi untuk menyusun program pembangunan bidang ekonomi;
  3. pengolahan dan penganalisaan terhadap program-program pembangunan untuk penyusunan perencanaan pembangunan bidang ekonomi;
  4. penyusunan perencanaan pembangunan bidang ekonomi;
  5. pemonitoringan pelaksanaan program pembangunan bidang ekonomi dan untuk mengetahui tingkat perkembangannya;
  6. penginventarisasian permasalahan-permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  7. pengevaluasian pelaksanaan program agar hasil yang dicapai sesuai sasaran yang telah ditetapkan;
  8. pengkoordinasian kegiatan penyusunan perencanaan pembangunan bidang ekonomi yang meliputi : pertanian, industri, energi, investasi dan perdagangan, koperasi, pengusaha kecil menengah, kesehatan, kesejateraan sosial, pendidikan, agama, hukum, kependudukan, kebudayaan dan tenaga kerja;
  9. pengkoordinasian internal dengan sekretaris, bidang-bidang serta koordinasi eksternal dengan satuan kerja terkait dalam penyusunan rencana dan program bidang ekonomi;
  10. perencanaan kegiatan promosi sesuai dengan potensi daerah untuk pengembangan berbagai bidang pembangunan;

Subbidang Industri, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas menyusun rencana, menyiapkan bahan, mengolah dan menganalisa program-program pembangunan urusan bidang perindustrian, perdagangan, Koperasi UKM, urusan penanaman modal, pertambangan dan energi. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Industri, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mempunyai fungsi:

  1. melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  2. menyusun rencana dan program kerja sub bidang perindustruan, perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah meliputi perindustrian, perdagangan, koperasi ukm, penanaman modal, pertambangan dan energi;
  3. menyiapkan bahan atau data informasi untuk penyusunan program pembangunan di bidang ekonomi meliputi urusan bidang perindustrian, perdagangan, koperasi ukm, penanaman modal, pertambangan dan energi;
  4. mengolah dan menganalisis program-program pembangunan untuk penyusunan perencanaan pembangunan urusan bidang perindustrian, perdagangan, koperasi ukm, pertanian, penanaman modal, pertambangan dan energi;
  5. memonitoring pelaksanaan program pembangunan urusan bidang perindustrian, perdagangan, koperasi ukm, penanaman modal, pertambangan dan energi untuk mengetahui tingkat perkembangannya;
  6. menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  7. melakukan evaluasi pelaksanaan program agar hasil yang dicapai sesuai saran yang telah ditentukan;
  8. membantu melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan di bidang ekonomi meliputi urusan bidang perindustrian, perdagangan, koperasi ukm, pertanian, penanaman modal, pertambangan dan energi;
  9. merencanakan kegiatan promosi sesuai dengan potensi daerah untuk pengembangan berbagai bidang pembangunan;
  10. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya;

Subbidang Kelautan dan ketahanan Pangan, mempunyai tugas menyusun rencana, menyiapkan bahan, mengolah dan menganalisa program-program pembangunan urusan bidang pertanian yang meliputi tanaman pangan, peternakan, perikanan darat, kelautan dan perikanan, perkebunan dan kehutanan, urusan bidang ketahanan pangan. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Kelautan dan Ketahanan Pangan mempunyai fungsi:

  1. melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  2. menyusun rencana dan program kerja sub bidang kelautan dan ketahanan pangan dengan urusan bidang pertanian yang meliputi tanaman pangan, peternakan, perikanan darat, kelautan dan ketahanan pangan.
  3. menyiapkan bahan atau data informasi untuk penyusunan program pembangunan dibidang bidang ekonomi yang meliputi tanaman pangan, peternakan, perikanan darat, kelautan dan ketahanan pangan;
  4. mengolah dan menganalisis program-program pembangunan untuk penyusunan perencanaan pembangunan bidang bidang ekonomi yang meliputi tanaman pangan, peternakan, perikanan darat, kelautan dan ketahanan pangan;
  5. memonitoring pelaksanaan program pembangunan bidang bidang ekonomi yang meliputi tanaman pangan, peternakan, perikanan darat, kelautan dan ketahanan pangan;
  6. menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  7. melakukan evaluasi pelaksanaan program agar hasil yang dicapai sesuai saran yang telah ditentukan;
  8. membantu melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan dibidang bidang ekonomi yang meliputi tanaman pangan, peternakan, perikanan darat, kelautan dan ketahanan pangan;
  9. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya;

Bidang Sosial Budaya, mempunyai tugas menyusun rencana, mengkoordinasikan penyusunan perencanaan di bidang Sosial Budaya. Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Sosial Budaya menyelenggarakan fungsi :

  1. perumusan bahan/data dan informasi untuk menyusun program pembangunan Sosial Budaya;
  2. pengolahan dan penganalisaan program-program pembangunan untuk penyusunan perencanaan pembangunan Bidang Sosial Budaya;
  3. perencanaan pembangunan Bidang Sosial Budaya;
  4. pemonitoringan terhadap pelaksanaan program pembangunan Bidang Sosial Budaya untuk mengetahui tingkat perkembangannya;
  5. penginventarisasian permasalahan-permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  6. pengevaluasian pelaksanaan program agar hasil yang dicapai sesuai sasaran yang telah ditetapkan;
  7. pengkoordinasian kegiatan penyusunan perencanaan pembangunan Bidang Sosial Budaya yang meliputi Urusan bidang pendidikan, Urusan kesehatan, pemuda dan olahraga, Urusan bidang perpustakaan, arsip, dan dokumentasi, Urusan bidang sosial, tenaga kerja dan transmigrasi, Urusan bidang kependudukan dan catatan sipil, Urusan bidang kebudayaan dan pariwisata, Urusan bidang pemberdayaan masyarakat, Urusan bidang pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana, Urusan bidang kesatuan bangsa, politik & perlindungan masyarakat;
  8. pengkoordinasian internal dengan Sekretaris, Bidang-bidang serta koordinasi eksternal dengan Satuan Kerja terkait dalam penyusunan rencana dan program bidang sosial budaya;

Subbidang Pendidikan dan Kesehatan, mempunyai tugas menyusun rencana, menyiapkan bahan, mengolah dan menganalisa program-program pembangunan meliputi urusan bidang pendidikan, Kesehatan, pemuda dan olahraga, urusan perpustakaan, arsip, dan dokumentasi. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Sosial Budaya menyelenggarakan fungsi :

  1. menyusun rencana dan program kerja sub bidang pendidikan dan kesehatan meliputi urusan bidang pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga, urusan perpustakaan, arsip, dan dokumentasi.;
  2. menyiapkan bahan atau data informasi untuk penyusunan program pembangunan di bidang sosial budaya meliputi urusan bidang pendidikan, pedmuda dan olahraga, urusan perpustakaan, arsip, dan dokumentasi serta urusan kesehatan.;
  3. mengolah dan menganalisis program-program pembangunan untuk penyusunan perencanaan pembangunan bidang sosial budaya meliputi urusan bidang pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga, urusan perpustakaan, arsip, dan dokumentasi;
  4. memonitoring pelaksanaan program pembangunan bidang sosial budaya meliputi urusan bidang pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga, urusan perpustakaan, arsip, dan dokumentasi. untuk mengetahui tingkat perkembangannya;
  5. menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  6. melakukan evaluasi pelaksanaan program agar hasil yang dicapai sesuai saran yang telah ditentukan;
  7. membantu melakukan koordinasi dengan satuan kerja terkait dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan di bidang sosial budaya meliputi urusan bidang pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga, urusan perpustakaan, arsip, dan dokumentasi.;
  8. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya ;

Subbidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat, mempunyai tugas menyusun rencana, menyiapkan bahan, mengolah dan menganalisa program-program pembangunan meliputi kesejahteraan sosial, agama, hukum, kependudukan, kebudayaan pariwisata dan tenaga kerja. Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Subbidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan  fungsi:

  1. melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  2. menyusun rencana dan program kerja sub bidang sosial budaya meliputi kesejateraan sosial, agama, hukum, kependudukan, kebudayaan, pariwisata dan tenaga kerja.
  3. menyiapkan bahan atau data informasi untuk penyusunan program pembangunan dibidang sosial budaya meliputi kesehatan, kesejateraan, social, pendidikan, agama, hukum, kependudukan, kebudayaan, pariwisata dan tenaga kerja;
  4. mengolah dan menganalisis program-program pembangunan untuk penyusunan perencanaan pembangunan bidang sosial budaya meliputi kesehatan, kesejateraan, social, pendidikan, agama, hukum, kependudukan, kebudayaan, pariwisata dan tenaga kerja;
  5. memonitoring pelaksanaan program pembangunan bidang sosial budaya meliputi kesehatan, kesejateraan, social, pendidikan, agama, hukum, kependudukan, kebudayaan, pariwisata dan tenaga kerja;
  6. menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  7. melakukan evaluasi pelaksanaan program agar hasil yang dicapai sesuai saran yang telah ditentukan;
  8. membantu melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan dibidang sosial budaya meliputi kesehatan, kesejateraan, sosial, pendidikan, agama, hukum, kependudukan, kebudayaan, pariwisata dan tenaga kerja;
  9. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya;

Bidang Fisik dan Prasarana, mempunyai tugas menyusun rencana, mengkoordinasikan penyusunan perencanaan bidang Fisik Dan Prasarana yang meliputi Urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya, tata ruang, urusan bidang lingkungan hidup, Urusan bidang perhubungan, komunikasi dan informatika serta urusan bidang pelayanan pertanahan. Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Fisik dan Prasarana menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan bahan perencanaan pembangunan yang meliputi Urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya, tata ruang, urusan bidang lingkungan hidup, Urusan bidang perhubungan, komunikasi dan informatika serta urusan bidang pelayanan pertanahan;
  2. pengkoordinasian dan memadukan rencana pembangunan yang meliputi Urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya, tata ruang, urusan bidang lingkungan hidup, Urusan bidang perhubungan, komunikasi dan informatika serta urusan bidang pelayanan pertanahan;
  3. pengkajian dan pengolahan serta menganalisis bahan/data pengembangan yang meliputi Urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya, tata ruang, urusan bidang lingkungan hidup, Urusan bidang perhubungan, komunikasi dan informatika serta urusan bidang pelayanan pertanahan;
  4. penginventarisasian permasalahan-permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;

Subbidang Infrastruktur dan Perumahan, mempunyai tugas menyusun rencana, menyiapkan bahan data, mengolah, menganalisa program-program pembangunan yang meliputi Urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya, urusan bidang perumahan. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Infrastruktur dan Perumahan menyelenggarakan fungsi:

  1. menyusun bahan perencanaan pembangunan yang meliputi urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya dan perumahan;
  2. menyiapkan program pembangunan dan bahan penyusunan pembangunan yang meliputi urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya dan perumahan;
  3. mengolah dan menganalisa program yang meliputi urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya dan perumahan;
  4. menginventarisasi permasalahan yang meliputi urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya dan perumahan;
  5. memonitoring pelaksanaan program pembangunan yang meliputi urusan bidang pekerjaan umum terdiri dari bina marga, pengairan, cipta karya dan perumahan;
  6. menyiapkan bahan-bahan penyerahan fasum dan fasos yang dibangun oleh pengembang kepada pemerintah kota;
  7. merumuskan berbagai potensi untuk pengembangan sesuai kebutuhan perencanaan;
  8. merencanakan dan merumuskan berbagai peluang kerjasama untuk pengembangan kawasan perkotaan dan kawasan-kawasan khusus dalam kota;
  9. merencanakan, menyusun dan memantau perencanaan tata ruang dan kawasan-kawasan khusus;
  10. mengidentifikasi kawasan yang menjadi prioritas pengembangan;
  11. menelaah peraturan perundang-undangan dibidang perencanaan;
  12. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya;

Subbidang Perhubungan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, mempunyai tugas menyusun rencana, menyiapkan bahan, mengola dan menganalisis program-program pembangunan urusan bidang perhubungan yang dari darat, laut dan termasuk penyeberangan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Perhubungan dan Telekomunikasi menyelenggarakan fungsi :

  1. melaksanakan menyusun rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya :
  2. menyusun rencana dan program kerja sub bidang perhubungan, tata Ruang dan Lingkungan Hidup;
  3. menyusun bahan perencanaan pembangunan urusan bidang perhubungan yang dari darat, laut dan termasuk penyeberangan, serta urusan bidang tata ruang dan lingkungan hidup;
  4. menyiapkan bahan-bahan program pembangunan bidang perhubungan darat, laut dan udara serta tata ruang dan lingkungan hidup;
  5. mengolah dan menganalisa program-program pembangunan urusan bidang perhubungan yang dari darat, laut dan termasuk penyeberangan, serta urusan bidang tata ruang dan lingkungan hidup;
  6. memonitoring pelaksanaan program-program pembangunan bidang perhubungan, tata ruang dan lingkungan hidup;
  7. menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang timbul akibat pelaksanaan pembangunan bidang perhubungan, tata ruang dan lingkungan hidup untuk bahan evaluasi;
  8. melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka penyusunan program pembangunan urusan bidang perhubungan, tata ruang dan lingkungan hidup;
  9. melakukan evaluasi pelaksanan program tahunan urusan bidang perhubungan, tata ruang dan lingkungan hidup;

Bidang Statistik dan Pelaporan, mempunyai tugas menyusun data perencanaan serta mengkoordinasikan data perencanaan sebagai bahan penyusunan  perencanaan. Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Statistik dan Pelaporan menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan data statistik perencanaan untuk penyusunan dokumen rencana jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek pembangunan kota
  2. pengkoordinasian program kerja Bidang Statistik dan Pelaporan;
  3. pengkoordinasian penyusunan data statistik perencanaan;
  4. penkoordinasian penyusunan data statistik perencanaan;
  5. pengevaluasian pelaporan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan proses perencanaan;
  6. pemonitoringan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan;

Subbidang Statistik, mempunyai tugas menghimpun, mengolah, menganalisa dan menyajikan data perencanaan, mengembangkan sistem informasi perencanaan. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Statistik menyelenggarakan fungsi:

  1. melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  2. menyusun rencana dan program kerja sub bidang statistik perencanaan;
  3. menghimpun data dan informasi berupa data primer maupun data sekunder;
  4. mengolah data dan informasi dengan metode statistik;
  5. menganalisis data dan informasi sesuai standar perencanaan;
  6. menyajikan hasil analisis dalam bentuk grafik, diagram atau dalam bentuk analisis kualitatif;
  7. mengembangkan sistem informasi perencanaan;
  8. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya;
  9. melakukan monitoring dan evaluasi serta menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas.

Subbidang Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas mengevaluasi pelaksanaan pembangunan kota serta melaporkan hasil pelaksanaannya untuk menjadi bahan perencanaan berikutnya. Dalam melaksanakan tugasnya, Subidang Evaluasi dan Pelaporan menyelenggarakan fungsi:

  1. melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  2. mengkoodinasikan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan kota makassar;
  3. mengkoodinasikan dan menyusun rencana kerja penetapan kinerja pemerintah daerah kota makassar;
  4. melaksanakan monitoring program/kegiatan pembangunan;
  5. mengumpulkan data program/kegiatan menurut sektor pembangunan;
  6. mengevaluasi pelaksanaan pembangunan tingkat kemajuan fisik maupun keuangan dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi;
  7. menyusun laporan pelaksanaan program/kegiatan untuk 1 bulan, 3 bulan dan tahunan;
  8. melakukan koordinasi dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan bidang tugasnya;
  9. melakukan monitoring dan evaluasi serta menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas.

Bidang Penelitian dan Pengembangan, mempunyai tugas menyusun rencana jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek pembangunan Kota serta mengkoordinasikan kegiatan penelitian terapan serta pengembangan daerah sebagai bahan masukan perencanaan. Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Penelitian dan pengembangan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek pembangunan kota
  2. pengkoordinasian program kerja bidang penelitian dan pengembangan daerah;
  3. pengkoordinasian penyusunan kebijaksanaan perencanaan penelitian terapan;
  4. pengkoordinasian penyusunan kebijaksanaan perencanaan pengembangan daerah;
  5. pengevaluasian pelaporan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan proses perencanaan;
  6. pemonitoringan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan;
  7. penelaahan peraturan perundang-undangan di bidang perencanaan;

Subbidang  Penelitian, mempunyai tugas menghimpun hasil penelitian, merumuskan rancangan penelitian dan bekerjasama dengan lembaga penelitian serta mengumpul, mengolah, menganalisa dan menyajikan data perencanaan, mengembangkan sistem informasi perencanaan, menyusun laporan pelaksanaan tugas melaksanakan pengumpulan data realisasi program-program pembangunan, mengevaluasi serta menyusun laporan berkala tahunan. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Penelitian menyelenggarakan fungsi :

  1. melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  2. menyusun rencana dan program kerja sub bidang statistik perencanaan;
  3. menghimpun data dan informasi berupa data primer maupun data sekunder;
  4. mengolah data dan informasi dengan metode statistik;
  5. menganalisis data dan informasi sesuai standar perencanaan;
  6. menyajikan hasil analisis dalam bentuk grafik, diagram atau dalam bentuk analisis kualitatif;
  7. mengembangkan sistem informasi perencanaan;
  8. melaksanakan monitoring program/kegiatan pembangunan;
  9. mengumpulkan data program/kegiatan menurut sektor pembangunan;
  10. mengevaluasi pelaksanaan pembangunan tingkat kemajuan fisik maupun keuangan dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi;
  11. menyusun laporan pelaksanaan program/kegiatan untuk 1 bulan, 3 bulan dan tahunan;

Subbidang Pengembangan Kebijakan Daerah, mempunyai tugas menyusun rencana jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek pembangunan kota serta menyusun bahan perencanaan pengembangan daerah. Dalam melaksanakan tugasnya, Subbidang Pengembangan Kebijakan Daerah menyelenggarakan fungsi:

  1. mengkoodinasikan dan menyusun rencana jangka panjang, jangka mengenah, jangka pendek pembangunan kota makassar;
  2. mengkoodinasikan dan menyusun rencana dan perubahan apbd kota makassar;
  3. mengkoodinasikan dan menyusun rencana kerja pemerintah daerah kota makassar;
  4. mengkoodinasikan pengelolaan keuangan dan perlengkapan bappeda;
  5. merancang kebutuhan penelitian di bidang pengembangan daerah, ekonomi dan sosial budaya serta bidang fisik dan prasarana;
  6. menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga penelitian;
  7. menghimpun hasil penelitian terapan dari berbagai sumber;
  8. merancang kebutuhan perencanaan untuk pengembangan daerah;
  9. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas;